Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO NEWS

Antisipasi Banjir di Bandung Selatan, Podomoro Park Bandung Perbaiki Sejumlah Pintu Air

BANDUNG, 11 Februari 2020 - Musim hujan membuat beberapa wilayah di Bandung tergenang banjir, tetapi dampaknya semakin berkurang dibandingkan dengan tahun lalu. Pasalnya, normalisasi Sungai Citarum oleh Satgas Citarum Harum didukung penuh oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah sehingga membuahkan hasil positif.

Apalagi, proyek terowongan Nanjung atau Curug Jompong cukup efektif mengurangi banjir di Bandung Selatan. Selanjutnya, pemerintah pun akan membangun beberapa kolam retensi dan sejumlah polder di Sungai Citarum.

Agung Podomoro Land sebagai pengembang terdepan dan terpercaya di Indonesia melalui mahakaryanya proyek Podomoro Park Bandung turut mendukung program pengendalian banjir di Bandung Selatan. Wujud dari kepedulian lingkungan Podomoro Park adalah dengan memperbaiki sejumlah pintu air yang rusak.

Podomoro Park bekerja sama dengan SUP Cimahi-Ciasem Hulu Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat memperbaiki sejumlah pintu air, salah satunya pintu air di Pasar Kordon Buahbatu. Pemantauan di lapangan, kerusakan pintu air tersebut mengakibatkan debit air dari Sungai Cikapundung Kolot yang menuju saluran Cikoneng tidak terkendali dan berpotensi meluap. 

Perbaikan pintu air di Pasar Kordon Buahbatu dikerjakan dalam waktu seminggu. Hasilnya, pintu air tersebut bisa dioperasikan dengan baik dan siap mengendalikan debit air yang menuju saluran Cikoneng. Selanjutnya, Podomoro Park pun akan memperbaiki pintu air daerah irigasi Buahbatu dalam waktu dekat.

"Dengan perbaikan ini diharapkan debit air ke saluran Cikoneng bisa dikendalikan sehingga mengurangi risiko banjir di Bandung Selatan," kata Susanto Ong selaku COO Podomoro Park Bandung, Selasa (11/2/2020).

Koordinator SUP Cimahi-Ciasem Hulu Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Rudiman mengaku berterima kasih atas kepedulian lingkungan pengembang terkemuka Agung Podomoro Land yang disalurkan melalui proyeknya, Podomoro Park Bandung. Perbaikan terhadap saluran penguras pintu air Cikoneng sangat efektif mengendalikan debit air Sungai Cikapundung Kolot saat banjir.

Dia menyebutkan, kerusakan dua pintu air sudah berlangsung cukup lama sejak tahun 2013. Akibatnya, setiap debit air besar datang dari hulu Sungai Cikapundung Kolot, selain membawa banjir juga mengakibatkan sedimentasi pada dasar sungai hingga merusak pintu air. Luapan banjir yang melimpas ke pintu air Kordon pun kerap menyebabkan banjir ke permukiman warga.

Setelah pintu air Kordon diperbaiki, ungkap Rudiman, debit air dari Sungai Cikapundung Kolot ketika banjir besar bisa dikendalikan sekitar 5 kubik per detik sehingga bisa mencegah banjir ke permukiman. Apalagi, jika pintu air daerah irigasi Buahbatu diperbaiki, akan meningkatkan pencegahan banjir yang lebih besar lagi.

Menurut dia, warga yang selama ini terdampak banjir akibat kerusakan pintu air berterima kasih atas program kepedulian lingkungan Podomoro Park Bandung. Dia dan warga berharap kepedulian lingkungan seperti ini ditiru oleh pengembang lainnya sehingga daerah rawan banjir semakin berkurang. *** 

Tentang Podomoro Park Bandung

Podomoro Park Bandung merupakan project masterpiece terbaru Agung Podomoro Land yang terletak di tengah keindahan Bandung Selatan. Hunian dengan konsep alam ini yang dibangun di atas lahan seluas lebih dari 100 hektar. 

Podomoro Park Bandung terinspirasi dari kawasan hunian Woodbrige Irvine California, serta desain masterplan dan landscape oleh Palmscape Singapore, sehingga Podomoro Park Bandung dapat dikategorikan sebagai a world class home resort yang didukung oleh kemewahan 5 elemen utama yaitu udara yang sejuk dan bersih, collective garden beserta pepohonan yang rimbun meneduhkan, view pengunungan indah Bandung Selatan, ruang terbuka hijau yang sangat luas bahkan mencapai hampir 50% dari luas kawasan, serta memiliki danau megah yang membentang sepanjang ± 1 km di tengah kawasan. Tepat ditepian danau dikelilingi jogging track, dan terdapat garden by the lake yang dapat digunakan oleh para penghuni untuk menikmati alam terbuka.

Untuk memberikan kenyamanan yang sangat istimewa kepada para penghuni, Podomoro Park dilengkapi fasilitas premium yaitu club house yang didalamnya terdapat infinity pool, fitnes center, tennis court, basketball court, children playground, jacuzzi, dan function hall. Serta akan hadir Living World yang mengisi area commercial destination dan akan diikuti oleh kehadiran brand ternama lainnya. Pada pengembangan tahap awal, Podomoro Park terdiri dari 3 cluster antara lain Cluster deluxe yaitu Amagriya Eka dan Amagriya Dwi, serta Cluster premium yaitu Anapuri Eka. Seluruh tipe merupakan rumah dengan 2 lantai. Podomoro Park… Harmony with Nature.