Menjaga Tumbuh Kembang Anak di Era Digital

Kompas.com 2018-08-08 12:38:49
image

Tahukah Anda, pertumbuhan yang baik pada anak-anak tidak hanya ditandai dari perubahan fisik, tetapi juga perkembangan mentalnya. Keduanya sama-sama diperlukan anak untuk menjalani kehidupan di masa depannya.  Anak dengan kesehatan mental yang baik akan memiliki beragam karakter positif, mulai dari dapat beradaptasi dengan keadaan, menghadapi stress, hingga bangkit dari keadaan sulit.  Sebaliknya, kurang baiknya kesehatan mental di masa anak-anak dapat menyebabkan gangguan perilaku yang lebih serius akibat ketidakseimbangan mental dan emosional, serta kehidupan sosial mereka yang kurang baik.  Hanya saja, tidak sedikit orangtua yang belum memahami pentingnya kesehatan mental pada anak dan melewatkan hal ini dalam pola pengasuhannya. Padahal, kesehatan mental sangat berpengaruh pada pembentukan karakternya. 


Pengaruh Buruk Penggunaan Gadget Berlebihan

Di era digital ini, salah satu faktor yang dapat menggangu kesehatan mental anak adalah penggunaan gadget yang berlebihan dan tidak terkontrol.  Menurut psikiater dan praktisi pendidikan anak dari Korea Selatan, Yee-Jin Shin dalam buku karangannya “Mendidik Anak di Era Digital” menyebutkan, di balik kehebatannya, teknologi digital dapat membawa pengaruh yang mengkhawatirkan bagi masa depan anak.

Teknologi digital tanpa sadar telah mengganggu pertumbuhan fisik dan mental mereka. Anak yang terpapar perangkat digital sejak dini dapat mengalami perkembangan otak dan memengaruhi kecerdasan emosinya. Akibatnya mereka memiliki memori jangka panjang yang buruk, emosi tidak stabil, sulit berkonsentrasi, tidak mampu berpikir, bahkan melawan orang tua. Padahal kecerdasan emosi adalah faktor paling dasar dari perkembangan kemampuan bersosialisasi dan daya pikir anak. 
 

Pentingnya Hunian Nyaman bagi Anak

Kesehatan mental anak tidak hanya berarti kondisi mental anak yang tidak mengalami penyakit mental, tetapi juga mencakup kemampuan untuk berpikir jernih, mengendalikan emosi, dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. Perkembangan mental anak yang optimal harus diawali dengan membangun kesehatan mentalnya. Salah satunya adalah menyediakan lingkungan tempat tinggal yang aman dan nyaman untuknya. 

Rumah adalah tempat pertama anak belajar banyak hal. Rumah yang aman dan keluarga harmonis akan memberi rasa nyaman dan mendukung tumbuh kembang anak. Kondisi lingkungan tempat tinggal yang baik pun dapat memulihkan kepercayaan diri anak saat dia mengalami kesulitan.

Sebuah studi terkini yang dimuat dalam Psychosomatic Medicine Journal menunjukkan pentingnya tinggal di lingkungan baik, khususnya tempat tinggal dengan akses ruang hijau dan udara bersih. Dari 32 anak yang tinggal di lingkungan lebih baik, hormon kortisol turun hingga 45 persen.

Menurut Danielle Rubinov; seorang peneliti, kortisol adalah ukuran dorongan stres seseorang. Peningkatan kadarnya pada anak berdampak pada penurunan kesehatan, mulai dari peningkatan tekanan darah, gula darah, dan insomnia, hingga kelelahan serta kecemasan. 

 

Hunian Asri di Bandung Selatan

Bila Anda mengidamkan hunian dengan lingkungan bersahabat untuk tumbuh kembang buah hati, Podomoro Park Bandung jawabannya. Berdiri di lahan seluas 100 hektar, Podomoro Park merupakan satu-satunya kawasan bertema home resort yang memiliki danau megah di tengah kawasan dan terletak di alam Bandung nan asri. Demi menghadirkan kenyamanan bagi Anda dan buah hati, kawasan hunian di Bandung Selatan ini dirancang dengan mengusung beberapa elemen yang selaras dengan alam. 

Salah satunya adalah pemanfaatan hampir 50 persen lahan sebagai ruang terbuka hijau. Jauhkan anak Anda sejenak dari gawai dan biarkan ia bermain serta bergerak sesuka hatinya di luar ruangan. Bermain memiliki sejumlah manfaat baik bagi buah hati. Tidak hanya mempelajari banyak hal, anak juga dapat mengembangkan kemampuan emosional seperti berpikir kreatif dan memecahkan masalah. Bermain juga melibatkan keaktifan dalam bergerak. Hal ini mampu mengurangi gejala depresi serta mencegah obesitas pada anak. Mengenalkan alam pada anak pun semudah berjalan keluar rumah. Pasalnya, sejumlah pepohonan beserta collective garden yang apik sebagai ‘paru-paru kawasan’ bagi penghuninya.

Rindangnya alam Podomoro Park Bandung dapat Anda sekeluarga jelajahi dengan leluasa. Secara naluriah, setiap manusia tertarik pada alam, tidak terkecuali anak-anak. Hal ini bisa dipahami, mengingat alam yang asri bisa menimbulkan perasaan senang dan mengurangi kelelahan. Kedekatan anak pada alam membawa berbagai dampak positif  baginya seperti meningkatkan rasa percaya diri serta kecintaannya terhadap tumbuhan dan hewan, menambah wawasan pengetahuan, dan mengurangi stress. Anda pun bisa membawa putra-putri Anda bersosialiasi bersama teman sebayanya di taman-taman yang tersedia.

Bawa buah hati Anda mengunjungi salah unsur alam lainnya dalam kawasan ini. Danau buatan yang megah sepanjang kurang lebih satu kilometer siap menyambut Anda sekeluarga. Danau ini pun dapat dengan mudah Anda akses karena dapat terkoneksi melalui halaman belakang rumah.

Menurut pakar biologi laut, Dr. Wallace J. Nichols, PhD, melihat air bisa menstimulasi gelombang neurokimia ke otak dan jantung sehingga Anda sekeluarga dapat merasa lebih relaks. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai permainan air yang tersedia dalam danau ini, salah satunya dengan berkano. Melakukan aktivitas air, jelas Dr.Nichols, mampu meningkatkan kemampun kognitif, emosional, psikologi, sosial, dan kesehatan spiritual Anda sekeluarga, terutama bagi anak-anak.

Lingkungan nyaman juga ditunjang dengan udara segar dan kesempatan untuk menikmati hijaunya kawasan pegunungan. Hal ini pun tidak luput dari perhatian pihak pengembang, Agung Podomoro Land. Setiap hunian dalam Podomoro Park Bandung ditata berhadapan dengan kawasan pegunungan Malabar dan Patuha serta dilengkapi udara yang sejuk dan bersih berkat hembusan wind tunnel dari pegunungan. Asrinya pemandangan pegunungan serta hawa yang sejuk tidak hanya menetramkan hati, tetapi juga dapat mengistirahatkan sejenak pikiran Anda dari padatnya rutinitas kerja.

Podomoro Park Bandung juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang bagi para penghuninya. Salah satunya commercial destination seluas lebih kurang 10 hektar. Keamanan setiap penghuni dalam kawasan ini pun terjamin sistem keamanan 24 jam dan tersedianya panic button di setiap rumah. Kawasan Podomoro Park telah didukung oleh penyediaan air bersih melalui PDAM untuk memastikan pasokan air dalam setiap hunian terjamin.

Anda sekeluarga pun mengakses jaringan telepon, TV kabel, dan internet dengan mudah. Sejumlah instalasi fiber optic akan dipasang dalam kawasan ini guna menunjang kebutuhan Anda. Ruwetnya instalasi kabel pun bukan menjadi masalah. Seluruh instalasi listrik, drainase, dan jaringan lainnya dalam kawasan ini akan ditata dengan underground system agar kawasan tetap tertata apik dan nyaman dipandang. Ingin berolahraga dengan anak? Podomoro Park punya solusinya.

Kawasan ini menyediakan Jogging track sepanjang pinggir danau, siap untuk ditelusuri bersama buah hati. Tersedia pula club house yang ditunjang dengan fasilitas olahraga untuk keluarga, mulai infinity pool, pusat kebugaran, jacuzzi, lapangan tenis, basketball court hingga function room.

Pada tahap awal, Podomoro Park Bandung akan dikembangkan dalam tiga cluster, yakni cluster deluxe yang terdiri dari Amagriya Eka dan Amagriya Dwi, serta cluster premium Anapuri. Seluruhnya hunian dengan dua lantai.

Melalui hunian asri berlokasi strategis, Anda sekeluarga akan merasakan ketenangan laksana liburan setiap harinya. Segarnya udara serta hijaunya alam tentu akan memberikan kenyamanan serta rasa aman bagi anak dalam mengembangkan potensi dirinya.

Antusiasme pasar begitu besar terhadap Podomoro Park menjadikan unit-unit terbaik semakin terbatas. Jadi, tunggu apalagi? Segera pilih unit terbaik dengan view terbaik, dan harga terbaik. Berikan buah hati tercinta Anda kenyamanan lingkungan yang berkualitas bersama Podomoro Park, sebagai “investasi” kehidupannya di masa depan.

Kunjungi kantor pemasarannya di Podomoro Pavilion, Jl. Diponegoro 27 Bandung atau hubungi 022 71520888 dan melalui Whatsapp di 0813 8888 2700.

Source: https://biz.kompas.com/read/2018/07/12/110228928/menjaga-tumbuh-kembang-anak-di-era-digital